Agar Anak-anak Mandiri dan Mampu untuk Survive (1)

Agar Anak-anak Mandiri dan Mampu untuk Survive (1); Melihat si kecil yang enggan bersosialisasi, hanya ‘nempel’ terus dengan mama-papanya, tidak bisa mengurus dirinya sendiri, untuk makan saja masih harus disuapi meski sudah besar, sudah duduk di bangku sekolah… dan masih banyak lagi contoh lainnya yang membuat kita mengelus dada, menggelengkan kepala. Ternyata alasannya cukup sederhana: karena anak tidak siap (baca: tidak dipersiapkan) untuk berhadapan dengan kondisi yang tidak disukai & tidak diharapkan.

Sejak lahir, anak-anak menggantungkan hidup mereka pada orangtua: makan, mandi, berpakaian, BAB., dll., semua dilakukan dengan bantuan orang dewasa. Ketika mereka semakin besar, mereka harus sudah bisa melakukan semua hal itu sendiri. Semakin bertambah umur, semakin anak harus menyadari kalau dia adalah individu yang terpisah dari orangtuanya, dan akan menjadi anak mandiri.

Orangtua mana yang ingin anaknya menjadi anak yang manja, tidak mandiri, dan akhirnya bergantung pada orang lain?  Jawabannya pastilah: tidak ada.  Namun terkadang, kebiasaan orangtua (baik ibu-ayah, maupun kakek-nenek) saat mengasuh anak/cucu mereka, tanpa disadari justru bisa membuat mereka menjadi anak-anak yang manja.

Orangtua harus memberi kesempatan agar anak bisa bertindak sendiri dan bersikap seperti anak besar yang bisa bertanggung jawab mengatasi masalahnya. Tidak mungkin, dan tentu saja tidak dibenarkan kalau anak selalu mengandalkan orangtua. Itulah pentingnya melatih si kecil mandiri, seperti makan sendiri, mandi sendiri, berpakaian sendiri. dll. Kemandirian anak harus disiapkan sedini mungkin, karena orangtua yang terlambat melakukannya akan sangat direpotkan dan kewalahan oleh ulah sang anak kelak.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan oleh para orangtua agar anak-anak mereka menjadi anak yang mandiri..?  Menjadi anak yang tidak manja, bisa survive dan mampu mengandalkan diri sendiri…?  Silakan disimak artikel lanjutannya… (yang juga diposting di web kami: www.fikarschool.sch.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *