Anak Cerdas Kinestetik

Anak Cerdas Kinestetik; Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Ada yang lebih cepat menangkap pelajaran melalui penjelasan secara visual (penglihatan), auditorial (pendengaran), dan ada pula yang secara kinestetik (gerakan).

Brandi Roth, PhD. –seorang psikolog, dan penulis buku Secrets to School Success: Guiding Your Child Through a Joyous Learning Experience– mengatakan bahwa anak kinestetik punya ciri mudah mempelajari sesuatu melalui praktik langsung.

Secara umum, ciri-ciri tipe pembelajar kinestetik adalah sebagai berikut:

  1. Suka menyentuh, merasakan, dan memegang sesuatu: mereka lebih senang menyentuh secara fisik ketimbang melihat ataupun mendengar.
  2. Aktif bergerak: berolahraga, menari, atau gerakan-gerakan kreatif lainnya.
  3. Rentang perhatian pendek: mereka mudah sekali beralih dari sesuatu hal ke hal yang lain.
  4. Kemampuan motorik kasarnya baik: dalam proses pembelajaran mereka, anak-anak dengan kecerdasan kinestetik tak akan ragu berkontak langsung dengan sesuatu di sekitarnya.
  5. Menyukai kegiatan yang membuatnya terus bergerak dan bekerja: kurang menyukai bekerja ‘di balik meja’.
  6. Tak betah belama-lama membaca buku: mereka memilih mencoba hal baru secara langsung ketimbang menyimaknya hanya lewat buku.
  7. lebih suka menunjukkan daripada menjelaskan sesuatu: cara mereka mengajarkan orang lain adalah dengan mempraktikkannya, atau mencontohkannya.
  8. Senang eksperimen: mereka gemar bereksperimen, berakting, melakukan demonstrasi, hingga bermain role play (adu peran).
  9. dapat mempelajari sesuatu dengan tangan secara lebih baik, suka mencoba segala sesuatu sendiri.
  10. Mempunyai koordinasi gerak yang baik: kelebihan lain dari anak dengan kecerdasan kinestetik adalah memiliki koordinasi gerakan yang sangat apik. Itulah mengapa mereka bisa sangat berprestasi dalam bidang yang mengharuskan banyak gerakan fisik seperti olahraga, dance, akting, dan sebagainya.

( sumber: https://www.parenting.co.id/usia-sekolah/ciri-ciri+anak+tipe+kinestetik ,

https://www.sehatq.com/artikel/anak-aktif-bergerak-jangan-sepelekan-kecerdasan-kinestetik-mereka )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *