Anak Kecanduan Gadget? Hmm Apa Solusinya

Anak Kecanduan Gadget? Hmm Apa Solusinya – Saat ini gadget (smartphone, tablet, game console, laptop, dsb.) merupakan sebuah benda yang sangat digemari oleh anak-anak. Hampir semua informasi dan hiburan dapat diakses dan dimainkan dengan gadget. Sehingga tak heran jika anak-anak masa kini pun sudah mulai kenal yang namanya gadget ini. Tidak hanya itu saja, melainkan banyak anak yang sudah kecanduan untuk memakai gadget untuk keperluan berbagai hal.

Memang pada dasarnya anak boleh saja diperkenalkan kepada gadget, tetapi tentu tidak berlebihan dan tidak terlalu jauh mengenalnya. Hal itu sangat tidak baik untuk perkembangan pemikiran anak kedepannya, karena jika sudah kecanduan akan sulit untuk terlepas. Bahkan sudah ada yang sampai dirawat di RS (maupun RSJ) karena sudah terlalu parah dampaknya.

Banyak hal memang yang bisa dipelajari untuk anak dari gadget, seperti hafalan doa-doa, lagu anak-anak, permainan yang moderen untuk anak, dan satu lagi melatih anak supaya mengenal teknologi baru serta tidak ‘gaptek’. Tetapi, perlu orang tua ketahui bahwa dalam gadget tersebut terdapat hal-hal yang negatif yang tentunya tidak baik jika anak terlalu lama dibiarkan bermain gadget. Terlebih jika dia sudah kecanduan, maka akan semakin sulit untuk diatasi karena gadget sudah merupakan teman ‘karib’-nya.

Jika anda memiliki anak yang sudah mengalami kecanduan gadget, maka jangan hanya tinggal diam, karena kita tahu bahwa anak adalah aset yang harus dijaga dan merupakan titipan dari Tuhan kepada kita, para orang tua. Berikut ini adalah tips untuk menghilangkan kecanduan tersebut:

  1. Berikan BATAS WAKTU kepada anak

    Berikan batas waktu kepada anak anda untuk bermain gadget. Anda dalam hal ini harus tegas dan jangan membiarkan anak anda terlalu asik bermain gadget. Apabila anda membiarkan anak anda, maka yang ada akan semakin kecanduan, terlebih lagi jika gadget yang anda berikan mendukung banyak game-game dan fitur-fitur lain yang mumpuni. Maka anak anda akan sulit untuk terlepas dari gadget tersebut.

  2. Berikan MAINAN ALTERNATIF

    Berikan mainan alternatif seperti bola, boneka, atau mobil-mobilan. Pada dasarnya cara ini kurang efektif, tetapi setidaknya anak Anda masih memiliki beberapa pilihan mainan yang bisa untuk dimainkan. Selain itu, jika Anda memang melihat banyak kawan di luar rumah, biarkanlah dia bermain dengan mereka asalkan tidak berbahaya.

  3. Luangkan WAKTU Anda untuk anak

    Perlu anda ketahui salah satu alasan mereka memilih bermain gadget karena merasa kesepian dan kurang perhatian dari orang tuanya. Oleh karena itulah, jangan sibuk bekerja melulu tetapi luangkan waktu untuk si kecil.

  4. Biarkan anak Anda BERMAIN DI LUAR RUMAH

    Pada umumnya orang tua tidak menginginkan si kecil bermain di luar rumah. Memang mereka memiliki tujuan baik yakni ingin melindungi anak dari berbagai hal yang buruk yang akan menimpanya. Seperti misalnya ajakan dari teman-temannya yang kurang baik, bicara yang kurang baik, takut bajunya kotor dan masih banyak yang lain. Namun ada baiknya anda memberi kesempatan walau hanya sedikit untuk bermain di luar rumah supaya tidak kesepian dan pastinya bisa sejenak terlupa dengan gadget.

  5. BATASI penggunaan jaringan internet di rumah

    Para orang tua yang memasang koneksi internet di rumahnya membuat mereka mudah dalam mengakses internet. Namun perlu Anda ketahui bahwa hal itu juga yang dapat menyebabkan anak anda kecanduan gadget. Sambungan internet yang mudah mereka dapatkan akan mendukung aksi mereka untuk semakin mencintai kehidupan dunia maya. Maka dari itulah Anda patut untuk membatasi penggunaan jaringan internet di luar kebutuhan anda.

  6. SIBUKKAN ANAK dengan aktivitas bermanfaat

    Semakin banyak waktu yang dimiliki oleh anak maka akan semakin banyak peluang untuk merasa bosan. Ketika sudah bosan maka anak akan cenderung memilih untuk bermain gadget. Dari situlah anak akan merasa kecanduan dan sulit untuk lepas. Maka tidak ada salahnya anda memberi kesibukan yang bermanfaat untuk anak anda seperti: les bernyanyi, atau les musik, atau les bahasa inggris, atau yang lainnya.

  7. DISKUSI dengan anak Anda

    Cara yang paling efektif untuk menghilangkan kecanduan gadget adalah mendiskusikan kepada anak-anak anda. Jelaskan pada anak Anda mengapa anda membatasi penggunaan gadget, katakan padanya bahwa hal itu dilakukan semata-mata untuk kebaikan mereka. Selain itu, berikanlah pemahaman yang logis kepada mereka jika sudah kecanduan dengan gadget maka akan banyak dampak yang ditimbulkan, seperti: sakit mata, insomia, pusing-pusing, mual, addicted, individualistis, dll. yang nantinya akan menyulitkan kehidupannya di masa depan.

  8. Ajak anak MENGENAL LINGKUNGAN dan alam semesta

    Ajaklah anak-anak Anda untuk jalan-jalan di waktu pagi dan/atau sore hari. Tentu dengan menikmati pemandangan yang indah disekitar rumah atau di mana saja yang enak dilihat. Dengan begitu mereka akan sejenak lupa dengan gadgetnya, karena asik menikmati pemandangan alam yang sangat menyenangkan.

  9. Berikan REWARD kepada anak Anda

    Berikanlah motivasi kepada anak ketika bisa berhasil untuk mengurangi jumlah frekuensi bermain gadgetnya. Berikanlah hadiah secara bertahap, sehingga anak Anda akan memiliki keinginan kuat untuk tidak terlalu intens bermain gadget.

  10. Ajak anak untuk BERSOSIALISASI dengan teman sebayanya

    Bisa jadi anak bermain gadget karena tidak ada aktifitas bermain dengan teman yang menyenangkan dengan teman sebayanya. Maka dari itulah orang tua perlu mengajak anak untuk bermain kepada teman sebayanya, anda bisa mengundang teman-temannya untuk ke rumah atau bisa mengajaknya untuk berkunjung ke rumah sahabatnya di sekolah. Dengan banyak teman maka dia akan memiliki kesibukan baru dan bisa lupa dengan gadgetnya.

  11. Berikan CONTOH YANG BAIK bagi anak Anda

    Anak adalah peniru yang ulung, dia bermain gadget karena meniru orang tuanya. Maka sebaiknya orang tua perlu memberikan contoh dengan tidak bermain gadget di depan anak. Sisihkan ponsel, tablet, dan laptop Anda selama beberapa jam setiap harinya. Kemudian, libatkan diri dalam bentuk hiburan alternatif dan habiskan waktu bersama keluarga serta anak-anak.

  12. PERHATIKAN KONTEN di gadget anak Anda, dan PRIORITASKAN KONTEN PENDIDIKAN

    Sampai anak-anak berusia 9 tahun, akses mereka ke internet masih harus sepenuhnya dikendalikan orang tua. Oleh karena itu, orang tua harus mencoba memprioritaskan program-program pendidikan dan situs yang bisa membantu pertumbuhan beragam pengetahuan maupun skill anak.

Demikian, semoga bermanfaat.

(sumber: sayangianak.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *