APAKAH KITA SUDAH MERDEKA?

APAKAH KITA SUDAH MERDEKA?;

Besok, 17 Agustus 2020, rakyat Indonesia akan memperingati hari kemerdekaannya. Tanpa terasa, ternyata sudah 75 tahun berlalu sejak diproklamirkan oleh Bapak Proklamator kita: Bung Karno dan Bung Hatta.

Sungguh kemerdekaan bangsa Indonesia bukanlah hasil pemberian dari negara lain, melainkan hasil perjuangan bersama para pahlawan dan seluruh rakyat. Mereka sudah berkorban dan berjuang dengan jiwa dan raga, bahkan dengan segala hal yang mereka miliki untuk memerdekakan bangsa ini. Mereka berjuang demi cita-cita menghapuskan penjajahan dari negeri tercinta ini selama-lamanya, sampai titik darah penghabisan.

Akan tetapi, merdeka bukan berarti perjuangan telah usai, justru merupakan sebuah awal perjuangan untuk melanjutkan dan mempertahankan kemerdekaan. Masyarakat harus terus berjuang untuk dapat memperbaiki dan memakmurkan kehidupannya.

Namun, apakah seluruh rakyat Indonesia sudah benar-benar merdeka?  Mari kita lihat kenyataan yang ada di depan mata kita:

  • banyak orang hebat ‘tumbang’ karena tak mampu melawan godaan dari dalam dirinya,
  • banyak pejabat korupsi dan hanya menjadi benalu yang menggerogoti bangsa ini,
  • banyak orang tak mampu menghadapi masalahnya sendiri hingga depresi bahkan ada yang sampai bunuh diri,
  • banyak orang yang sudah dijajah oleh hawa nafsunya sendiri,
  • dan masih banyak lagi contoh yang hanya bisa diratapi…

Mengisi kemerdekaan itu banyak caranya. Kita sudah tidak butuh bambu runcing untuk melawan penjajah. Yang diperlukan saat ini ialah kemampuan untuk menggali dan mengasah potensi diri. Kemampuan ini akan melahirkan anak-anak muda yang mandiri dan menjadi harapan bangsa ini.

Semoga hari kemerdekaan Republik Indonesia ini dapat menjadi refleksi dan momentum yang tepat untuk mengibarkan semangat dalam mengejar dan mewujudkan mimpi-mimpi. Merdeka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *