Bedanya BISA BACA dan MINAT BACA

Bedanya BISA BACA dan MINAT BACA

Bedanya BISA BACA dan MINAT BACAMinat baca adalah suatu proses untuk menumbuhkan minat belajar yang membuat seorang anak menjadi mampu membaca dan menjadi pembelajar atau suatu kegiatan memahami suatu kata atau kalimat yang prosesnya menyenangkan. Sedangkan bisa baca adalah suatu kegiatan untuk menumbuhkan kemampuan membaca yang prosesnya belum tentu menyenangkan karena cenderung untuk memaksa (agar bisa membaca).

Untuk menumbukan karakter minat belajar, maka prosesnya harus menyenangkan. Jangan buat kegiatan belajar itu menjadi beban untuk anak. Jika seorang anak memiliki minat membaca maka anak cenderung akan selalu ingin tahu (menjadi pembelajar), dan anak memahami apa yang ia baca. Sedangkan untuk bisa baca, biasanya prosesnya cenderung memaksa karena berorientasi pada hasil, bukan berorientasi pada prosesnya. Hal inilah yang sedang terjadi di dunia pendidikan Indonesia saat ini.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk menumbuhkan minat baca?

Untuk menumbuhkan minat baca dapat dimulai dari usia dini yaitu 3 – 6 tahun. Karena mengingat usia dini merupakan Golden Age atau periode Critical, yaitu suatu periode kritis atau kesempatan emas yang tidak mungkin bisa dikembalikan lagi jika sudah terlewati. Apabila para orang tua ingin memberikan yang terbaik  kepada anaknya, maka bentuklah karakter minat membaca dan belajar sebelum terpengaruh oleh lingkungan yang tidak mendidik.

Disadur dari: https://www.kompasiana.com/najmahshhb/5d1e1a0a097f36738364d4d2/minat-baca-atau-bisa-baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *