BELAJAR dengan PERMAINAN

BELAJAR dengan PERMAINAN

Permainan bukan hanya menyenangkan namun juga bisa melatih kekompakan, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Suasana yang tadinya membosankan, mengantuk dan capek bisa hilang dengan sebuah permainan. Permainan dalam kelas juga dapat meningkatkan interaksi sosial antara guru dengan siswa atau antara siswa dengan siswa lainnya. Dengan permainan, siswa dapat merasakan bahwa belajar itu asyik. Berikut ini adalah beberapa game belajar yang bisa dilakukan di kelas.

1. Gerak dan lagu
Pembelajaran melalui gerak dan lagu sangatlah bervariasi. Contoh permainan dengan gerak dan lagu yang bisa diterapkan antara lain dengan lagu ‘Marina menari diatas menara’, ‘Kepala pundak lutut kaki’, hingga yang kekinian yaitu gerak dan lagu “Baby Shark”. Permainan gerak dan lagu ini akan menghilangkan kebosanan pada siswa saat pembelajaran.

2. Lakukan yang Guru Katakan
Permainan ‘Lakukan yang guru katakan’ sangat mudah untuk diterapkan. Guru akan mengatakan beberapa aba-aba, “pegang dagu”, “pegang hidung”, “pegang pipi”, “pegang dahi”, dan lainnya. siswa diharuskan untuk mengikuti aba-aba yang dikatakan guru. Untuk menjebak siswa, guru bisa memegang bagian yang tidak sesuai dengan perintah yang dikatakan. Permainan ini baik untuk melatih konsentrasi siswa.

3. Body Letter (beri image)
Pisahkan kelas menjadi kelompok kecil. Setiap kelompok harus memikirkan akronim tentang apa yang telah mereka pelajari di kelas. Ketika mereka menemukan akronim, kelompok harus menggunakan tubuh mereka untuk mengeja huruf-hurufnya. Misalnya: Ketika selesai menjelaskan fotosintesis, kelompok 1 membuat akronim CO2 yang berarti karbondioksida. Dengan game ini, guru dapat melihat apa yang diingat oleh siswa dan memberi siswa alat bantu untuk terus berkembang.

4. Berlatih Berhitung
Bagi beberapa siswa, Matematika adalah pelajaran menakutkan. Namun, tidak jika kita mengajak mereka mengerjakan latihan dalam bentuk game. Misalnya menghitung jumlah sepatu yang dikenakan semua orang di kelas, dan lain sebagainya…
Nah, selamat bermain di kelas..!

By : Fikar School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *