Cara Mendidik Anak Cepat Membaca

Cara Mendidik Anak Cepat Membaca

4 Cara Mendidik Anak Cepat Membaca yang Perlu Ditiru

Setiap orangtua dijamin akan penasaran dengan cara mendidik anak cepat membaca karena memang bukan hal mudah. Mengajari anak yang masih belum kenal huruf sampai kemudian fasih membaca tentu butuh perjuangan. Jika dulunya kemampuan ini diajari guru di sekolah dasar maka sekarang perlu diajari di rumah sebagai kualifikasi masuk ke lingkungan sekolah.

Mengajari Anak Membaca

Membaca adalah kebiasaan baik, yang memang perlu diajarkan kepada anak sejak dini maka untuk memulainya. Perlu memastikan si kecil sudah bisa membaca dan berikut tata cara mengajarinya:

  1. Memperkenalkan huruf alfabet

    Langkah pertama untuk mengajari si kecil bisa membaca adalah dengan memperkenalkan deretan huruf alfabet. Cara pertama bisa dengan menyediakan karpet bergambar huruf alfabet sebagai tempat bermain sekaligus belajar anak. Opsional berikutnya adalah menyediakan mainan anak yang melibatkan huruf alfabet.

  2. Menyediakan buku bacaan

    Merangsang minat anak untuk membaca juga bisa dengan menyediakan buku bacaan di rumah. Tentunya yang ramah untuk anak-anak, sehingga tidak mengalami kesulitan dalam cara mendidik anak cepat membaca. Asalkan bahan bacaan tersedia di rumah maka dijamin si kecil akan merasa tertarik membuka dan membaca isinya.

  3. Mengajari membaca sambil bernyanyi

    Anak-anak dijamin akan malas dan menolak ajakan orangtua belajar membaca jika suasananya tidak menyenangkan. Ada baiknya mengajari anak membaca sembari bernyanyi, sehingga membuat anak lebih rileks. Efeknya tentu saja meningkatkan kemampuan anak untuk memahami apa yang diajarkan kepadanya.

  4. Berikan teladan

    Ingin anak suka membaca dan bisa membaca dengan cepat? Namun malah malas untuk membaca maka hasilnya kurang efektif. Sebab sejatinya anak-anak akan meniru apapun yang dikerjakan orang dewasa di sekitarnya. Termasuk orangtua, maka berikan contoh rajin membaca buku agar anak tertarik untuk belajar membaca dan rajin membaca.

Kemampuan membaca memang terbilang penting sebagai modal anak untuk memahami pelajaran lainnya, seperti berhitung. Sebab dengan kemampuan inilah proses belajar materi lain dari berbagai literatur sangat memungkinkan untuk dilakukan. Agar tidak mengadapi hambatan maka terapkan cara mendidik anak cepat membaca di atas. 

By Team Fikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *