Cara Mengajar Generasi Milenial

Cara Mengajar Generasi Milenial

Cara Cerdas Mengajar Generasi Milenial

cara mengajar generasi milenialGenerasi Milenial merupakan mereka yang hidup dan tumbuh di abad dengan segala kemajuan teknologi. Generasi ini pun memiliki kecendrungan yang bergantung pada perkembangan teknologi. Akan tetapi di sisi lain, mereka juga dianggap memiliki cakrawala berpikir yang lebih luas jika dibandingkan dengan generasi sebelum mereka. Lantas, bagaimanakah cara yang tepat untuk mengajar generasi milenial ini?

Secara harfiah pendidikan merupakan suatu hal yang mutlak untuk diberikan kepada setiap generasi bangsa. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan generasi tersebut agar mampu bersaing di masa mendatang. Hal ini pun juga berlakukan bagi generasi milenial. Mereka memiliki yang dianggap kecendrungan keingintahuan yang lebih tinggi, juga memiliki tantangan dari akulturasi budaya juga dapat memberikan pengaruh buruk bagi perkembangan mereka. Maka dari itu sudah sepatutnya pendidikan yang mereka terima dapat mengakomodir keinginan mereka namun tetap berada dalam koridor norma yang berlaku. Lantas seperti apa cara mengajar yang harus diberikan?

  1. Mengajar dengan Menggunakan Media

    Pertama, pola mengajar harus melibatkan penggunaan media dengan dukungan teknologi terkini. Tidak dapat dipungkiri bahwa media menjadi faktor penting dalam mendukung sebuah pembelajaran. Terlebih di era milenial ini, media sangat diperlukan untuk membantu menyampaikan informasi kepada peserta didik dan menciptakan suasana belajar yang menarik.

  2. Mengutamakan Proses Bukan Hasil

    Kedua, melihat perkembangan zaman saat ini maka seharusnya cara mengajar generasi milenial tidak lagi mengutamakan hasil belajar, melainkan proses belajar. Sebab pada proses belajar itulah sebenarnya generasi bangsa dibentuk dengan penekanan karakter yang diinginkan. Mereka dapat menjadi generasi yang berkualitas, jika proses belajar yang dialami juga dilakukan dengan sebaik mungkin.

  3. Mengajar dengan Menerapkan Model Pembelajaran

    Ketiga, cara mengajar generasi milenial harusnya dapat dilakukan dengan menerapkan model-model pembelajaran yang berorientasi ke peserta didik. Penerapan model ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang menarik, namun juga membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran.

Paling tidak 3 (tiga) cara di atas dapat membantu guru dalam mengajar generasi milenial di masa ini. Sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi bangsa yang berkualitas dan mampu bersaing dengan generasi dari bangsa lain.

By : Sekolah Karakter Fikar School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *