Cara Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak

Cara Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak; Anak dengan kecerdasan visual-spasial memiliki kemampuan yang lebih dalam mengingat dan menerjemahkan isi pikirannya apabila dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Berikut indikator anak yang memiliki kecerdasan visual spasial:

  • Kemampuan menggambar diatas rata-rata.

Bahkan mereka mampu menggambar dalam bentuk tiga dimensi dengan detail garis dan warna yang sangat baik.

  • Mampu mengingat dan menghafal jalan.

Anak dengan kecerdasan visual-spasial dapat dengan mudah mengingat dan menghafal jalan yang baru saja dilewatinya.

  • Menggambar denah rumah.

Dengan mudah dia memvisualisasikan denah rumah. Dia juga dapat menjelaskan dan menggambar posisi ruangan yang ada di dalam rumah secara tepat dan terperinci.

  • Mudah merangkai puzzle.

Ia mampu mengingat bentuk dan posisi dengan cepat walau hanya sekali lihat.

Tidak semua anak dianugerahi kecerdasan ini. Namun, jenis kecerdasan ini bisa dilatih dan dikembangkan sejak usia dini. Berikut ini beberapa caranya:

  1.  menggambar dan mewarnai.

Aktivitas ini berguna mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya lho.

2.  art n’ craft  (seni kerajinan tangan).

Selain bermanfaat melatih motorik halus, bermain lilin atau pasir yang bersiat kinetik juga berguna untuk mengembangkan kreativitas anak.

3.  geometri dasar.

Salah satu caranya dalah dengan bermain puzzle (bersifat 2D) dan rubik (bersifat 3D). Permainan ini merangsang daya pikir anak untuk menemukan dan merangkai tiap keping puzzle menjadi sebuah gambar.

4.  Belajar navigasi.

Sejak dini anak sudah paham (diajari) membedakan tangan kanan dan tangan kiri, arah mata angin: barat, timur, utara, selatan. Selanutnya navigasi (dari yang mudah), misalnya jalan menuju dapur dan pintu masuk rumah, jalan menuju sekolah, dan seterusnya.

5.  Permainan konstruksi.

Seperti menyusun balok, atau puzzle.

( sumber: https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/astri-diana/pahami-kecerdasan-visual-spasial-pada-anak-dan-cara-melatihnya/full )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *