Gali Potensi Anak Sedini Mungkin

Gali Potensi Anak Sedini Mungkin

Keberhasilan suatu pendidikan sering dikaitkan dengan sejauh mana orangtua memahami anak sebagai individu yang unik. Setiap anak memiliki potensi (keahlian) yang berbeda, namun saling melengkapi dan berharga. Potensi yang dimaksud di sini adalah hal-hal spesifik yang apa pada diri anak, yang tampak lebih jika dibandingkan dengan anak seusianya. Karena itu, wajib bagi orangtua untuk menggali sekaligus mengembangkan potensi anak sejak dini. Makin dini anak menerima stimulasi akan makin baik. Lalu apa yang semestinya dilakukan oleh orangtua?

1. Kenali potensi anak.
Orangtua harus belajar tentang semua hal yang berhubungan dengan cara mengenali potensi anak. Lakukan pengamatan dan identifikasi terhadap perilaku anak.

2. Stimulasi yang tepat.
Stimulasi adalah berbagai rangsangan: kesempatan bermain, fasilitas belajar, atau materi (misalnya cerita atau bacaan), yang dapat memicu anak untuk belajar atau mengolah pengajaran. Rangsangan juga bisa berbentuk sentuhan yang abstrak, misalnya dukungan dan keterlibatan orangtua dalam proses belajar anak.

3. Berikan pujian.
Pujilah anak ketika ia telah menguasai sebuah kebiasaan baik sekecil apa pun. Berikan pula pujian ketika ia menunjukkan hasil karyanya.

4. Arahkan sang anak.
Jika anak suka membaca, misalnya, beri ia buku cerita berwarna dan ajak bercerita bersama. Jadikan ini aktivitas rutin dengan membacakan cerita sebelum tidur. Namun tidak berhenti sampai di situ. Setelah mengarahkan, orangtua pun berkewajiban untuk mendampingi sang anak dalam setiap aktivitasnya. Selain memberikan rasa nyaman dan aman bagi anak, orangtua juga dapat mengetahui kemampuan mana yang lebih menonjol.

5. Doronglah anak untuk terus belajar.
Orangtua harus memberi contoh yang baik bahwa bukan hanya anak saja yang harus belajar, kita pun sebagai orangtua juga harus mau belajar, termasuk cara/metode pendidikan anak sehingga kita dapat menanamkan pemikiran pada anak bahwa belajar itu tidak mengenal waktu dan usia.

By Sekolah karakter Fikar School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *