Guru

Guru

GuruGURU atau pendidik mempunyai tugas dan tanggung jawab yang cukup berat, maka menjadi guru bukanlah pekerjaan sembarangan yang boleh dilakukan asal-asalan. Di tangan merekalah masa depan anak didik dipertaruhkan. Mereka adalah orang yang memberi ilmu pengetahuan, motivasi, dan keteladanan kepada anak didiknya. Semua orangtua akan membutuhkan guru untuk mendidik anak-anaknya ~meski tanggung jawab untuk mendidik anak itu adalah tanggung jawab orang tuanya masing-masing. Namun sebagai contoh: seorang arsitek, misalnya, tentu membutuhkan guru agar mendapatkan ilmu yang benar di bidang arsitektur. Begitu pula di bidang Kedokteran, Akuntansi, dan lain-lain.

Menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang sangat mulia, karena seorang guru merupakan sosok yang berperan penting bagi masa depan anak didiknya. Ia akan merasa bangga jika anak didiknya bisa mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik, dan mampu melampaui batas perkembangannya. Karena ketika guru bisa mengubah anak didiknya menjadi lebih bertanggung jawab akan masa depannya sendiri & membuat anak didiknya itu menjadi semakin baik, maka ia telah berhasil berbuat sesuatu yang berguna bagi banyak orang dengan ilmu dan kemampuan yang ia miliki.

Menjadi guru harus ikhlas, penuh kasih sayang & rasa cinta dengan pekerjaan dan murid-muridnya, serta selalu sabar dalam membimbing mereka. Guru harus memotivasi dan mendorong siswanya untuk meraih cita-cita mereka.

Bagi Anda, wahai Guru… (baik yang sudah mengajar, maupun yang masih ‘calon’, atau mahasiswa Pendidikan Guru), jadilah guru yang memiliki sikap dan akhlak mulia, karena Anda adalah “Uswatun Hasanah” atau suri tauladan yang baik untuk anak-anak didik dan masyarakat. Semoga gerak langkahmu selalu dibimbing, dirahmati, dan diberkahi oleh Tuhan Yang Mahakuasa.

Guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *