Kelebihan Belajar Online (e-learning)

Kelebihan Belajar Online (e-learning); Ada pepatah: “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”. Itu tidak berarti secara harfiah (benar-benar) harus belajar langsung ke negara tersebut, melainkan: “Carilah ilmu sebanyak-banyaknya, bahkan sampai ke tempat yang jauh sekalipun..!”. Pendidikan itu sangat penting bagi manusia –dan itulah yang membedakan kita dengan hewan dan tumbuhan.

Seiring kemajuan teknologi, saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam menuntut ilmu (maaf, maksud saya: mencari ilmu –karena ilmu tidak bersalah, mengapa pula dia dituntut..?  hehe..).  Berbagai cara dan metode ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan si pelajar itu sendiri.

Semangat belajar tidak dibatasi usia, jenis kelamin, maupun pekerjaan seseorang. Dari usia kanak-kanak, remaja, bahkan yang sudah dewasa, sudah bekerja, dan sudah berkeluarga pun banyak yang masih ingin menuntut ilmu di tengah kesibukannya.

E-learning, memanfaatkan teknologi untuk kegiatan belajar jarak jauh

Kemajuan teknologi memungkinkan pembelajaran yang ‘interaktif’ tanpa harus bertemu muka langsung. Sebelum masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini saja, e-learning atau pembelajaran secara online sudah banyak diselenggarakan, seperti kampus-kampus di luar negeri, misalnya. Apalagi sekarang, yang ‘mau tak mau, suka tak suka’ semua sekolah dan kampus sudah melakukannya.

Pendidikan jarak jauh (PJJ) ini memiliki beberapa kelebihan tersendiri dibandingkan metode pembelajaran/perkuliahan dengan tatap muka secara langsung. Pendidikan secara e-learning dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat komputer atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet. Kelebihan sistem pembelajaran online ini, antara lain:

  1. Jadwal kuliah fleksibel

Sistem E-Learning memungkinkan siswa untuk mengatur jadwal sendiri. Jadwal belajar fleksibel ini didukung dengan akses materi yang bisa dilakukan dari mana pun dan kapan pun.

  1. Ritme belajar sesuai kemampuan siswa

Kegiatan belajar secara individual membuat siswa dapat menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Siswa bisa mengulang materi sampai beberapa kali sesuai dengan kebutuhan. Hal ini salah satu yang tidak bisa didapatkan dari sistem pembelajaran tatap muka di dalam kelas.

  1. Siswa dapat memahami materi dengan lebih baik

Setiap siswa memiliki waktu-waktu tersendiri dimana daya konsentrasi dan fokus mereka berada pada kondisi terbaik. Waktu belajar yang fleksibel dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar pada waktu-waktu yang tepat agar lebih cepat dan mudah memahami materi.

  1. Lebih hemat biaya, waktu, dan tenaga

Pembelajaran/perkuliahan online bisa dilakuan di mana saja seperti di rumah, di kantor atau di tempat lainnya. Ini akan sangat menghemat biaya transportasi, tenaga serta waktu yang biasanya diperlukan untuk perjalanan ke tempat kuliah ‘konvensional’.

 

 (sumber: pintaria.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *