Manfaat Berlibur di Rumah

Manfaat Berlibur di Rumah; Kata ‘berlibur’ atau ‘liburan’ (bahasa Inggrisnya: vacation) identik dengan jalan-jalan atau menghabiskan waktu ke tempat wisata, entah itu di dalam negeri, atau bahkan di luar negeri.  Namun ternyata ada juga istilah untuk berlibur di rumah (bahasa Inggrisnya: staycation).  Meski terdengar aneh atau ‘tidak wajar’ –berlibur kok di rumah?– namun rupanya staycation ini pernah booming di Amerika, yaitu selama krisis keuangan tahun 2007 – 2010. Dan  ternyata, tren staycation menyebar hingga ke seluruh dunia.

Nah, dalam situasi pandemi virus Corona seperti sekarang ini, kita terpaksa harus lebih banyak di rumah untuk mencgah penyebaran virus yang kian massive. Jangankan berlibur, bekerja saja harus WFH. (work from home), bagaimana mau vacation..?  Apa boleh buat, maka staycation menjadi pilihan yang lebih aman untuk saat ini.

Menyedihkan..?  Nanti dulu, belum tentu..!  Ternyata ada beberapa hal yang membuat staycation jadi lebih nyaman untuk dilakukan ketimbang vacation.  Benarkah..?  Apa saja..?

  1. Terhindar dari kemacetan

Apabila Anda merupakan warga Jakarta, atau Bogor, atau Bekasi, atau Bandung, atau Surabaya, atau kota-kota lain yang terkenal akan kemacetan lalulintas-nya, maka hal ini cukup ‘menguntungkan’ karena Anda jadi tidak perlu bermacet-macetan di jalan. Tidak harus berangkat pagi-pagi budeg (eh, buta) agar terhindar dari kemacetan lalulintas. Dan kasur pun menjadi kendaraan yang lebih aman dan nyaman ketimbang mobil, bus, kereta, dll.

  1. Tak perlu ‘ngantri’

Selain macet di perjalanan, waktu-waktu hari libur itu banyak sekali orang menuju tempat-tempat wisata seperti puncak, pantai, kebun binatang, kolam renang, mall, dll. yang tentu saja mengakibatkan antrian panjang bahkan sampai ‘mengular’. Untuk membeli tiket masuknya saja sudah harus antri, apalagi ketika akan menikmati wahana-nya. Belum lagi mencari tempat parkir kendaraan yang biasanya sangat sulit kalau tempat wisata tersebut sedang ramai-ramainya –habis waktu untuk parkir doang..!

  1. Terbebas dari polusi kendaraan dan lingkungan

Kalau Anda seharian berada di rumah, maka sejak bangun tidur menghirup udara pagi yang segar dan (relatif) bersih, tanpa gangguan polusi hingga radikal bebas. Bahkan ketika tak ada makanan pun, Anda bisa membelinya dengan cara delivery order. Jadi tinggal santai saja di rumah, tak perlu bermacet-macet dan menghirup asap (baca: racun) dari kendaraan bermotor di jalan.

  1. Bisa lebih hemat

Berlibur ke tempat wisata memerlukan dana yang relatif tidak sedikit. Apa lagi jika Anda termasuk orang yang gemar berbelanja dan ‘lapar mata’, sehingga pengeluaran akan menjadi sangat banyak.

  1. Lebih bebas dalam menggunakan waktu

Tujuan berlibur salah satunya adalah ingin lebih banyak bersantai, karena orang yang pergi berlibur itu ingin rehat dari kesibukan atau aktivitas rutinnya sehari-hari. Lah, masa’ malah lebih ‘capek’ dan lebih ‘sibuk’ daripada waktu bekerja..? Aneh bukan..?

Harusnya kita bisa bebas menggunakan waktu kita untuk melakukan hal-hal yang diinginkan. Akan tetapi pada kenyataannya, beberapa tempat wisata itu memberi batas waktu kepada konsumennya untuk mencari keuntungan. Misal: di Dufan, Ancol… konsumen diberi waktu tertentu untuk menikmati wahananya –kalau ingin menikmatinya lagi, ya harus antri kembali..! Atau, di tempat makan misalnya, kita harus bergantian dengan pengunjung lainnya yang juga sudah mengantre.

Lain halnya kalau kita berlibur di rumah. Kita akan lebih bebas dalam menggunakan waktu, tanpa harus dibatasi.

 

(sumber: cekaja.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *