Manfaat Berlibur di Rumah (2)

Manfaat Berlibur di Rumah (2);

Dalam situasi pandemi virus Corona seperti sekarang ini, kita terpaksa harus lebih banyak di rumah untuk mencgah penyebaran virus yang kian massive. Jangankan berlibur, bekerja saja harus WFH. (work from home), bagaimana mau vacation..?  Apa boleh buat, maka staycation menjadi pilihan yang lebih aman untuk saat ini.

Pada artikel sebelumnya (1), kita sudah membahas sampai poin ke-5.  Nah, sekarang marilah kita simak poin-poin selanjutnya…

  1. Menghindari stres.

Beribur di rumah dapat menghindari stres. Bukankah kegiatan maupun pekerjaan sehari-hari yang padat seperti sekolah, kuliah, meeting, kerja lapangan, les, dan lain-lain, bisa bikin stres, jenuh, dan tertekan..? Bahkan rutinitas tersebut bisa membuat suasana rumah menjadi kurang harmonis karena jarang bertemu. Maka untuk menghilangkan rasa stres tersebut, cobalah berlibur di rumah bersama keluarga. ‘Home sweet home’ sejatinya menjadi tempat ternyaman untuk kita, setelah bekerja berhari-hari.

Ketika kita berada di rumah, pasti banyak hal yang bisa diceritakan kepada seluruh anggota keluarga. Kita bisa berkeluh kesah, bercerita tentang pengalaman, pekerjaan, hingga berbicara tentang masa depan kepada orang-orang terdekat di rumah (keluarga). Sebagai tempat yang sangat private dan nyaman, kita dapat melakukan hal apapun, seperti ngobrol sambil ngemil, nonton TV sambil rebahan, dll.

  1. Membuat hubungan antaranggota keluarga semakin akrab

Karena dapat berkeluh kesah dengan bebas, tanpa harus ja’im, tanpa tekanan… hal ini akan membuat hubungan antaranggota keluarga semakin dekat satu sama lain. Tak hanya untuk curhat dan berkeluh kesah (dengan bebas), masih banyak lagi aktivitas mengasyikkan yang dapat dilakukan dengan keluarga, seperti: memasak bersama, bersih-bersih rumah, bersepeda, bermain bola, karaoke, dan lain-lain yang membutuhkan kebersamaan, ataupun teamwork yang baik. Kita bisa bercengkrama, bercanda, tertawa, saling bantu, memecahkan masalah bersama, dan saling melindungi.

  1. Menjadi diri sendiri

Ketika sedang bekerja, sekolah, kuliah, atau melakukan rutinitas di luar rumah, kita mungkin saja merasa ‘nggak gue banget’…! (merasa seperti tidak menjadi diri sendiri). Kita harus profesional di tempat bekerja, karena harus beradaptasi dengan lingkungan sosial dimana kita berada. Sedangkan ketika sedang berada di rumah, kita bisa merasakan manfaat staycation dengan menjadi diri sendiri, karena kita bebas melakukan hal apa pun –selama tidak mengganggu orang lain.

Dengan kata lain, berlibur di rumah dapat memberikan ruang tersendiri, atau ‘me time’ untuk kita sendiri. Kita dapat melakukan aktivitas pribadi seperti: relaksasi, nonton film-film favorit, melakukan perawatan tubuh, nyanyi sambil teriak-teriak (asalkan tidak terdengar oleh orang lain, hehe..) dan berbagai aktivitas mengasyikkan lainnya –dimana kita dapat dengan bebas melakukannya tanpa gangguan orang lain, ataupun mengganggu orang lain.

 

 (sumber: cekaja.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *