Manfaat Membuat Kerajinan Tangan Bersama anak

Manfaat Membuat Kerjinan Tangan Bersama anakMembuat kerajinan tangan bersama anak termasuk salah satu aktifitas yang menyenangkan. Tidak perlu membuat kerajinan tangan yang susah atau yang bagus sekali, cukup maksimalkan manfaatnya saja yaitu beraktifitas bersama anak.

Biasanya setelah anak besar, mereka cenderung tidak suka mengerjakan kerajinan tangan lagi. Jadi manfaatkanlah waktu ketika anak masih kecil karena mereka senang sekali mengerjakan kerajinan tangan. Adapun manfaat membuat kerajinan tangan bersama anak yang lain, adalah:

  1. Mengembangkan kreatifitasKreatifitas perlu dilatih dan membuat kerajinan tangan merupakan salah satu cara membangun dan mengembangkan kreatifitas. Anak dapat menggunakan imajinasinya, anak dapat belajar menyelesaikan masalah dan kemungkinan besar anak akan menyukai seni. Sedangkan manfaat untuk orang tuanya, membuat kerajinan tangan membantu mengurangi stress dan menggunakan otak dengan cara yang lain dari biasanya.
  2. Mengajar anak mengikuti instruksiKetika anak membuat kerajinan tangan, mereka belajar bahwa ketika mereka tidak mengikuti instruksi yang ada, maka mereka akan mendapatkan hasil yang tidak diharapkan. Ini mengajar mereka tentang pentingnya mengikuti instruksi.
  3. Melatih kemampuan motorik dan kemampuan dasar lainnyaUntuk anak usia batita, membuat kerajinan tangan membantu mereka melatih banyak kemampuan dasar. Hampir semua jenis kerajinan tangan menggunakan koordinasi mata dan tangan. Anak juga belajar menggunting, mengukur dan banyak hal lain yang nantinya akan mereka lakukan pada kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, melatih mereka untuk rapi dalam mengerjakan sesuatu.
  4. Kesempatan mengobrol orang tua dan anakOrang tua dan anak jadi memiliki kesempatan untuk mengobrol. Sehari-hari orang tua sibuk dengan aktifitasnya, dan jarang mengobrol dari hati ke hati dengan anak. Mengobrol tentang kesukaannya, kegiatan di sekolah atau hal lain yang lebih mendalam dari sekedar basa basi.
  5. Waktu tenang buat anakAnak kecil cenderung aktif sekali ketika bermain, seperti berlari dan melompat. Membuat kerajinan tangan membantu anak untuk lebih tenang ketika beraktifitas. Mereka bisa belajar fokus dan duduk tenang selama beberapa saat.
  6. Membangun percaya diriKetika anak berhasil membuat sesuatu dengan tangannya sendiri, kepercayaan dirinya akan timbul. Apalagi untuk anak batita, mereka senang mencoba-coba. Bayangkan perasaannya ketika mereka mencoba melakukan sendiri dan berhasil membuat sesuatu. Jangan lupa dipuji ya..
  7. Aktifitas yang akan diingat oleh anakMengerjakan kerajinan tangan bersama merupakan kegiatan yang bagus sekali untuk berinteraksi dengan anak kita. Bukan tidak mungkin mereka akan mengingatnya meskipun sudah dewasa.

By Fikar School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *