Memilih Bacaan yang Tepat untuk Anak

Memilih Bacaan yang Tepat untuk Anak; Kita pasti senang kalau anak kita rajin belajar –yang tentunya diawali dengan gemar membaca. Namun, sudahkah anak-anak kita membaca buku atau bacaan yang sesuai, efektif, dan produktif bagi kebaikan hidupnya?

Memilih buku bacaan untuk anak dapat dikatakan ‘gampang-gampang susah’, karena rasa ingin tahu yang tinggi membuat mereka penasaran untuk membaca apa saja. Maka kita harus memilihkan bacaan anak secara tepat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperimbangkan:

  1. Usia anak.

Pastikan isi buku yang akan dibeli sesuai dengan usia perkembangan anak. Hindari buku bacaan anak horor, percintaan, ataupun yang mengandur unsur-unsur kekerasan. Pilih buku-buku yang dilengkapi dengan gambar dan berwarna. Jika anak-anak sudah mulai belajar membaca, pertimbangkan juga untuk memilih buku bacaan dengan font berukuran besar agar lebih mudah dibaca.

  1. Kemampuan membaca anak.

Perhatikan kemampuan membaca anak. Jika anak-anak masih tergolong balita dan belum bisa membaca, sebaiknya pilih buku yang memiliki banyak gambar dan tampilan visual menarik. Sebaliknya, jika anak-anak sudah bisa membaca, berikan buku yang lebih banyak tulisannya.

  1. Buku dengan lebih banyak gambar (visual).

Buku bacaan bergambar lebih menarik bagi anak-anak. Berikan buku cerita atau ensiklopedia yang dilengkapi dengan banyak ilustrasi atau gambar berwarna. Visualisasi yang seperti ini akan memudahkan anak-anak untuk mencerna dan menangkap keseluruhan isi dari buku tersebut.

  1. Minat, bakat, maupun passion

Pilihkan buku bacaan anak yang sesuai dengan minatnya. Misalnya, jika anak menyukai mobil-mobilan atau menyukai otomotif, berikan buku bergambar tentang ragam kendaraan sesuai dengan jenis dan fungsinya. Cara ini dapat memotivasi anak untuk gemar membaca.

  1. Jangan terlalu ‘tebal’.

Umumnya anak-anak lebih cepat bosan dengan kegiatan membaca. Disarankan untuk memilih (buku) bacaan anak yang terdiri dari 10 sampai 20 halaman saja. Karena kalau terlalu tebal, anak-anak cenderung berhenti membaca karena merasa bosan atau capek.

  1. Pesan moral.

Pilih buku bacaan anak yang memiliki pesan moral (positif). Bacalah terlebih dahulu sinopsis atau ringkasan cerita yang biasanya terletak di halaman belakang. Jika beruntung, beberapa buku bacaan anak di rak toko buku tidak ‘disegel’, sehingga bisa dibaca dulu sebelum membeli.

  1. Ajak anak membeli dan memilih buku bacaan.

Ajaklah mereka membeli buku di toko buku terdekat. Temani mereka memilih buku yang diinginkan. Mereka juga perlu diajak berkunjung ke perpustakaan untuk memilih buku yang disukai. Dengan begitu, anak tidak lagi merasa ‘dipaksa’ oleh kedua orang tuanya untuk membaca.

Pendidikan literasi sejak dini memang baik melalui buku. Akan tetapi kita harus cermat dan berhati-hati dalam memilih buku bacaan. Terlebih saat ini konten-konten berisi kekerasan maupun pornografi dapat terselip begitu saja. Kita –dan juga anak-anak– harus selektif dalam memilih (buku) bacaan.

( sumber: https://kiddo.id/2020/07/06/cara-memilih-buku-bacaan-untuk-anak-sesuai-usianya/ )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *