Mengembangkan Kecerdasan Bahasa Verbal Anak

Mengembangkan Kecerdasan Bahasa Verbal Anak; Kecerdasan verbal (atau sering juga disebut sebagai kecerdasan linguistik) adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam berbahasa, baik itu lisan maupun tulisan.

Kecerdasan verbal akan selalu digunakan seumur hidupnya saat ia berkomunikasi dan bersosialisasi. Beberapa cara meningkatkan kecerdasan verbal anak, di antaranya:

  1. Membacakan cerita yang menarik.

Tingkatkan minat bacanya terlebih dahulu. Orang tua dapat membuat jadwal membacakan cerita yang rutin untuk anak, misalnya sebelum tidur. Itu akan menumbuhkan rasa penasaran si anak untuk mendengar cerita-cerita berikutnya.

  1. Berikan buku-buku bacaan yang bagus dan cocok untuk usianya.

Langkah berikutnya untuk meningkatkan kecerdasan verbal anak adalah dengan memberikan buku-buku bacaan yang menarik. Kenalkan sedini mungkin buku-buku kepada anak. Anda bisa mengajak anak Anda ke toko buku untuk memilih buku pilihannya sendiri.

  1. Minta dia menceritakan isi buku yang sudah dibacanya.

Perlu strategi/kreativitas agar anak termotivasi untuk membaca buku sampai selesai, misalnya dengan memberikan hadiah berupa stiker sebagai pembatas bukunya maupun reward menarik lainnya. Lalu, buat kesepakatan dengan anak untuk menentukan waktu dia bercerita.

  1. Ajak dia bermain permainan yang memperkaya perbendaharaan kata.

Ada beberapa jenis permainan yang mengandalkan kemampuan penguasaan kosa kata, seperti kartu bergambar dengan kosa kata didalamnya, seperti scrable, teka-teki silang, dan sebagainya. 

  1. Ajak dia bersosialisasi. 

Dorong anak untuk berani bersosialisasi dengan banyak orang. Ini bertujuan agar intensitas si anak dalam berinteraksi semakin banyak, sehingga kemampuan verbal anak akan meningkat. 

  1. Dorong anak untuk membiasakan menulis. 

Kemampuan linguistik pada anak akan meningkat dengan menulis. Ajak anak untuk mengungkapkan perasaannya juga pengalamannya melalui kata-kata dalam bentuk tulisan. Ajak anak untuk menulis apa pun yang ia sukai, seperti menulis buku harian, puisi, ataupun cerita-cerita yang dia karang sendiri. 

  1. Beri contoh terbaik.

Anak akan meniru apa yang orang tuanya lakukan. Maka, jadilah contoh terbaik bagi anak Anda. Gunakan bahasa yang baik dan sopan dalam berinteraksi dan bersosialisasi, baik di keluarga maupun luar rumah.

( sumber: https://eurekabookhouse.com/blog/read/ini-7-cara-meningkatkan-kecerdasan-linguistik-pada-anak )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *