Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak

Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak;

Kecerdasan naturalis merupakan salah satu kecerdasan dimiliki seorang anak dalam mengenali, memahami, melihat perbedaan, menggolongkan, dan mengkategorikan apa yang ia lihat atau jumpai di alam atau lingkungan sekitarnya. Kecerdasan ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Otak anak bekerja mengenali pola, menangkap persepsi sensor melalui seluruh panca inderanya dan melakukan kategorisasi objek tertentu. Dengan kecerdasan yang dimilikinya ini, anak akan menjadi lebih peka terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya dan mampu mengidentifikasi tanda-tanda alam yang terjadi di lingkungannya.

Artinya, kecerdasan naturalis sangat penting untuk dirangsang sejak dini. Berikut ini cara untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak:

  1. Biarkan anak bermain di alam bebas dengan teman sebayanya, misalnya bermain rumah-rumahan dengan memanfaatkan benda-benda alam di sekitar. Menjejerkan batu-batu kecil untuk dijadikan sebagai tembok, menjadikan ranting pohon sebagai sapu atau penyekat ruangan, dan sebagainya. Itu berarti anak mampu mengidentifikasi bagian-bagian rumah beserta fungsinya, dan memanfaatkan benda-benda alam untuk sesuai dengan imajinasinya.
  2. Pelihara hewan atau tanaman di rumah Jika memelihara kucing, tanaman bunga atau buah-buahan; anak akan belajar merawat dan menghormati alam, baik hewan maupun tumbuhan.
  3. Ajak anak berwisata ke kebun binatang. Melalui kegiatan ini, anak akan mengamati dan mengidentifikasi macam-macam binatang. Untuk melatih pengetahuan dan daya ingat anak, orangtua bisa meminta anak untuk menceritakan hasil pengalaman berwisatanya sepulang dari kebun binatang. Maka berwisata ke kebun binatang ini tak hanya menjadi ajang rekreasi, tetapi juga bernilai edukatif.
  4. Ajak anak buat berkemah – tidak harus di bumi perkemahan, di sekitar lingkungan atau halaman rumah pun sudah cukup. Kegiatan berkemah itu kita kemas dengan kegiatan literasi seperti bercerita tentang alam semesta kepada anak. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan literasi pengetahuan anak perihal alam. Sehingga selain anak diajak untuk menyatu dengan alam, anak juga paham hakikat alam itu sendiri sesuai dengan kadar pengetahuan yang dimiliki.
  5. Ajak anak menggambar pemandangan –dan biarkan anak menggambar sesuai imajinasinya. Karena ketika anak sedang menggambar alam, ia sedang berusaha ‘mengenali’ alam sekitar.

( sumber: https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/29/14225511/5-cara-membangkitkan-kecerdasan-naturalis-anak?page=all )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *