Menjadi Bertanggung jawab

Menjadi Orang yang Bertanggung jawab; Memiliki sikap bertanggung jawab bukan bawaan lahir. Namun apa mau dikata, saat ini banyak sekali orang yang tidak memiliki rasa tanggung jawab yang sudah seharusnya mereka miliki. Padahal sikap ini sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan.

Bertanggung jawab adalah sifat seorang ksatria. Maka sudah seharusnya kita memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Semoga kiat-kiat berikut ini dapat membantu kita menjadi lebih bertanggungjawab:

  1. Jangan suka membuat/mencari alasan

Biasakan diri untuk tidak menyalahkan orang lain, atau sesuatu yang lain atas kegagalan diri sendiri. Ketika melakukan kesalahan, jangan menunjuk orang lain sebagai penyebabnya. Tapi akuilah bahwa kesalahan atau kegagalan tersebut merupakan akibat dari perbuatan kita sendiri. Maka, selalu berpikir jernih dalam bertindak. Jangan pernah menutupi kesalahan dengan berbagai alasan.

2.     Jangan mengeluh

Stop komplain sana-sini. Tak perlu banyak komplain, dan mulailah mengambil tanggung jawab akan semua hal dengan tanganmu sendiri. Dengan melakukan hal ini, rasa bertanggung jawab dalam diri perlahan akan tumbuh secara konsisten.

3.     Belajar mengatur keuangan

Salah satu hal yang paling sering dilupakan oleh seseorang adalah tanggung jawab terhadap uang yang dimiliki. Biasanya, hal ini dialami oleh kamu yang belum pernah merasakan bagaimana sulitnya kehidupan dalam hal keuangan. Ingat, dunia itu berputar. Mungkin saat ini kondisimu sedang di atas, tetapi besok atau lusa? Tidak ada yang tahu. Jadi, bertanggung jawablah atas uang dan harta yang kita miliki dengan cara belajar mengatur keuangan. Pikirkan investasi jangka panjang dan asuransi untuk menanggulangi risiko dalam hidup.

4.     Jangan menunda pekerjaan

Biasakan untuk tidak menunda pekerjaan. Memang sih, ada saja beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan nanti karena memang belum waktunya untuk diselesaikan. Akan tetapi, selama ada waktu luang untuk mengerjakan hal tersebut, kerjakanlah..! Semakin cepat selesai pekerjaan, semakin banyak pula waktu yang dimiliki.

5.     Fokus dan konsisten

Tetaplah fokus dan konsisten. Ketika sudah memiliki rencana dan jadwal untuk mengerjakan sesuatu, lakukan hal tersebut sesuai dengan jadwal. Jangan sekali-kali mengalihkan perhatianmu terhadap hal-hal yang tidak penting, misalnya bekerja sambil chatting dengan teman yang menyebabkan pekerjaan jadi terbengkalai. Berusahalah untuk tetap fokus dan konsisten sampai pekerjaan tersebut selesai. Baru setelah itu Anda bisa melakukan hal-hal yang diinginkan.

( sumber: https://www.cekaja.com/info/5-cara-mudah-menjadi-orang-yang-bertanggung-jawab )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *