Menumbuhkan Kecerdasan Musikal Anak

Menumbuhkan Kecerdasan Musikal Anak;

Meski kebanyakan orang masih menganggap bahwa anak/orang yang cerdas ialah anak/orang yang pandai berhitung, berbahasa, atau berpikir logis, atau nalar yang bagus… namun sesungguhnya ada banyak jenis kecerdasan.

Setiap orang memiliki bermacam-macam kecerdasan tetapi dengan kadar pengembangan yang berbeda. Salah satunya adalah kecerdasan musikal, yaitu: kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar. Mungkin saja anak kita memiliki kecerdasan musikal yang tinggi walaupun kecerdasan yang lain agak kurang, misalnya.

Kita tidak bisa menganggap remeh jenis kecerdasan ini, karena kita sendiri (mungkin) adalah penikmat musik hasil karya orang-orang yang memiliki kecerdasan musikal yang luar  biasa. Sebut saja: Beethoven, Mozart, John Lennon, Freddie Mercury, Ahmad Dhani, Melly Guslow, Ed Sheeran, dan ribuan bahkan jutaan musisi lainnya yang tersebar di seluruh dunia. Mereka bisa ‘exist’ karena kecerdasan musikal mereka, bukan karena kecerdasan matematika mereka –walau mungkin saja di antara mereka ada yang jago matematika, namun bukan (jenis) kecerdasan itu yang menghantarkan kesuksesan mereka di jagad hiburan tanah air, maupun dunia.

Lalu, bagaimana cara kita (sebagai orangtua) dapat membantu meningkatkan atau mengembangkan kemampuan musikal anak?  Nah, berikut ini beberapa caranya:

  1. Sering memutarkan lagu yang sesuai dengan usianya.
  2. Mengajak dan mengajarkan bermain alat musik.
  3. Memperkenalkan beragam alat musik.
  4. Mengajak menonton pertunjukan musik.
  5. Memberikan apresiasi positif saat anak memainkan alat musik atau bernyanyi.

( sumber: https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/22/09565211/5-ciri-anak-dengan-kecerdasan-musikal?page=all )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *