Pentingnya Bekerjasama

Pentingnya Bekerjasama; Sebagaimana yang telah kita pelajari di sekolah, atau berdasarkan pengalaman hidup sehari-hari, kita pasti tahu bahwa yang namanya manusia itu tidak dapat hidup sendirian. Karena pada dasarnya memang manusia itu saling bergantung satu sama lain. Manusia adalah makhluk sosial, saling membutuhkan.

Maka sangat penting bagi manusia untuk membangun kerjasama yang baik, karena dengan bekerjasama, seseorang akan lebih mudah untuk menyelesaikan sesuatu atau apa pun yang diinginkan. Namun agar bisa bekerjasama dengan baik, dibutuhkan keterampilan atau kecakapan tertentu yang membuat hubungan kerjasama yang terjalin dapat berjalan dengan lancar dan semakin baik. Karena tak jarang hubungan kerjasama itu putus di tengah jalan, atau berakhir secara mengenaskan.

Nah, apa saja keterampilan yang dibutuhkan tersebut?

  1. Mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain. Di dalam kerjasama, sangat penting untuk mendengar saran, pendapat, atau masukan dari rekan kerja kita. Karena dengan masukan-masukan itu kita dapat memperbaiki apa yang memang perlu diperbaiki. Karena itu penting bagi kita untuk mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain. Itulah gunanya kerjasama, yaitu saling bertukar pikiran antar-rekan.
  2. Bertanggung jawab. Orang-orang yang menjalin hubungan kerjasama tidak boleh membiarkan rekannya bekerja sandiri, mereka wajib merasa bertanggungjawab untuk mengerjakan pekerjaan itu karena mereka adalah satu kesatuan (tim). Dan tidak ada tim yang melakukan pekerjaan tanpa ada kerjasama antar-rekan yang satu dengan lainnya. Itu bentuk tanggung jawab mereka di dalam tim.
  3. Kebersamaan. Orang yang bekerjasama tidak boleh memutuskan sesuatu secara sepihak karena mereka adalah tim. Semua yang dilakukan dan dihasilkan dalam kerjasama itu merupakan keputusan bersama, sehingga tidak terjadi saling menyalahkan apabila pekerjaannya itu tidak dapat diterima atau tidak sesuai keinginan.
  4. Kepedulian. Kerjasama akan menumbuhkan sikap peduli untuk membantu rekannya yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan pekerjaannya.

Kerjasama yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Kerjasama yang baik adalah kerjasama yang mengutamakan komunikasi yang baik antar tim. Komunikasi yang baik ini menjadi faktor utama karena di dalam kerjasama dibutuhkan tukar pikiran dan pendapat antar-tim.

Dalam kehidupan kita, ada waktu di mana kita ‘tersesat’ dan membutuhkan orang lain untuk membantu kita. Karena itu sebagai manusia, hendaklah kita bersikap saling menghargai antar-sesama. Sehingga di kala kita butuh bantuan, orang lain pun akan senang hati membantu kita.

( sumber: https://www.kompasiana.com/emy/570e09fdf19673ce123d52a2/pentingnya-kerjasama-dalam-kehidupan )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *