Selalu Optimis

Selalu Optimis; “Tuhan sesuai dengan prasangka hambanya…” ini menandakan bahwa manusia diberikan kebebasan untuk mengekspresikan apa saja yang terjadi di dalam kehidupannya. Apabila manusia meyakini bahwa kehidupannya akan meraih kesuksesan, pasti Tuhan akan sesuai dengan apa yang diyakini oleh hamba-Nya tersebut dan apabila manusia juga meyakini bahwa kehidupannya akan mengalami kegagalan, pasti Tuhan akan sesuai dengan apa yang diyakini oleh hamba-Nya tersebut. Jadi manusia diberikan pilihan di dalam kehidupannya: apakah ingin baik, atau buruk dalam menyikapi segala kejadian yang menimpa manusia tersebut.

Apabila kita meyakini bahwa Tuhan memang sesuai dengan prasangka hamba-Nya, maka sudah menjadi kewajiban bagi kita sebagai hamba-Nya untuk memberikan keyakinan yang terbaik, yaitu selalu positif thinking (optimis) dalam menyikapi apa pun yang terjadi dalam kehidupan kita. Karena Tuhan lebih mengetahui hal yang terbaik seperti apa yang harus kita dapatkan di dalam kehidupan ini. Apa yang menurut kita baik di dunia ini belum tentu baik di mata Tuhan, bisa jadi itu buruk bagi kita. Dan yang menurut kita buruk belum tentu buruk di mata Tuhan, boleh jadi itu baik bagi kita.

Maka apa pun kejadian yang terjadi dalam kehidupan kita, hendaknya kita dapat bersikap optimis karena selalu ada Tuhan di setiap langkah kita. Karena penulis yakin bahwa Tuhan tidak akan menzalimi hamba-Nya yang benar-benar yakin kepada-Nya. Beberapa hal berikut ini yang perlu menjadi catatan agar selalu optimis:

  1. Percaya bahwa apa pun yang terjadi di dalam kehidupan kita pasti yang terbaik yang Tuhan berikan kepada kita, karena Tuhan lebih mengetahui apa yang terbaik untuk kita.
  2. Apabila kita meyakini dengan sepenuh hati hal tersebut, maka kita dapat selalu bersikap optimis dalam menghadapi segala rintangan, hambatan, dan masalah di dalam kehidupan ini karena kita mengetahui bahwa kehidupan di dunia ini hanyalah ujian
  3. Tugas manusia di dunia ini adalah berikhtiar yang terbaik dengan segala potensi yang dimiliki, lalu pasrahkan hasilnya hanya kepada Tuhan. Hal tersebut membuat kita meyakini bahwa kehidupan ini indah dan patut kita syukuri.

( sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2015/05/08/080000323/Ini.Cara.untuk.Menjadi.Orang.Optimis?page=all )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *