Tahun Baru Mulailah Kebiasaan Baru

Tahun Baru, Mulailah Kebiasaan Baru untuk Hidup Lebih Baik Lagi

Tahun Baru Mulailah Kebiasaan BaruSekarang tahun 2020. Umur kita, secara matematis semakin bertambah. Namun secara agamais semakin berkurang. Sekarang umur kita berapa? Tinggal berapa? Artinya tinggal berapa lama lagi kita hidup di muka bumi ini? Bagaimana dengan ibadah kita tahun 2019 kemarin? Bagi saudara-saudaraku yang muslim, sudah tertibkah shalat kita? Bagi saudara-saudaraku yang beragama Kristen, sudah rajinkah kebaktian di gerejanya? Begitu pula dengan saudara-saudaraku yang beragama lain.

Apa pun agamanya, sudah seharusnyalah kita mengintrospeksi diri kita masing-masing dalam dalam semua hal –termasuk ibadah– sehingga bisa diperbaiki di tahun yang baru ini. Mulai sekarang juga, jangan ditunda-tunda lagi!

  1. Tertibkan sholat kita !

    Kalau di tahun 2019 kemarin salat kita tidak tertib alias bolong-bolong. Maka tahun 2020 ini harus bisa ditertibkan. Sholat wajib itu kan hanya lima kali dalam sehari semalam. Masa’ masih bolong juga? Atau… selama 2019 tak pernah bolong-bolong sholatnya. Cuma…. ya, itu… suka dirapel-rapel gitu alias digabung-gabung, hehe.. (sholat Zuhur yang seharusnya pukul 12 siang dijadikan satu dengan waktu sholat Ashar pukul 16 sore). Itu sih namanya bikin aturan sendiri! Mulailah tinggalkan kebiasaan itu… segera laksanakan sholat ketika azan sudah terdengar.

  2. Bersedekahlah !

    Kalau tahun 2019 kita hanya bersedekah di bulan Ramadhan saja, atau ketika ada yang minta sumbangan… maka tahun ini harus lebih ditingkatkan. Buat jadwal tersendiri. Misalnya setiap Jumat berbagi makanan atau setiap hari mengisi kotak amal. Tak harus banyak asal rutin. Itu jauh lebih baik.

    Lalu bagaimana dengan kesehatan kita? Tentu tak kalah penting dengan ibadah kita bukan…? Bayangkan, akibat pola hidup tak sehat kita jadi mengalami hidup segan mati tak mau. Artinya hidup berkalang penyakit yang tak berkesudahan. Makan ini tidak boleh minum itu tidak boleh. Nah, agar tidak mengalami hal seperti itu kita wajib introspeksi diri juga dalam urusan pola hidup

  3. Sudah berolahraga kah kita hari ini?

    Jika olahraga tidak masuk jadwal kita tahun 2019 kemarin. Maka tahun ini harus dimasukkan. Karena apa? Seringan apa pun olahraga yang kita lakukan secara rutin, bisa membuat daya tahan tubuh kita lebih fit. Sehingga badan menjadi lebih sehat, ingin melakukan apa pun jadi enak.

  4. Sudah betulkah pola makan kita?

    Urusan makan itu tidak hanya terkait makanan sehat, tetapi juga polanya. Kalau tahun 2019 kita makan itu saat perut mulai keroncongan alias menunggu lapar. Maka tidak untuk tahun ini. Ganti pola makan seperti itu. Karena bisa memicu penyakit lambung. Apalagi jika makan itu kalau sempat. Saking sibuknya dengan pekerjaan. Kalau sudah kena penyakit lambung bisa repot. Jadi mulailah mengatur pola makan kita.

  5. Sudah sehatkah makanan kita?

    Setelah pola makan teratur. Mulai perhatikan asupan makanan kita: makanan yang menyehatkan, atau makanan yang menyakitkan (alias bikin sakit)…? Makanlah makanan yang menyehatkan saja…

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *