Tips Bijak Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak

Tips Bijak Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak

Perkembangan teknologi yang sangat pesat memang tak mampu kita cegah. Orang tua bisa melihat bagaimana anak-anak di bawah umur sudah memegang gadget di tangan, entah apa yang akan mereka lihat melalui benda elektronik tersebut. Maka, orang tua perlu memperhatikan dan memberikan batasan penggunaan ponsel pada sang buah hati. Bukan karena tidak sayang, ini semata-mata bertujuan agar si kecil tidak kecanduan dan terkena dampak negatif dari gawai itu sendiri.

Kalau masih bingung bagaimana mengatur dan membatasi pemakaian ponsel pada si kecil, tips bijak berikut ini mungkin bisa diterapkan:

  1. Berikan Jadwal Penggunaan Gadget

    Pertama, buatlah jadwal kapan si kecil boleh bermain gadget dan kapan ia tidak boleh menyentuhnya. Saat sedang makan dan berkumpul bersama keluarga adalah waktu yang tepat untuk TIDAK memberikan ponsel pada anak, sehingga ia bisa menghabiskan waktu sepenuhnya bersama keluarga.

    Agar si kecil tidak merengek, alihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain bersama. Temani ia bermain, sehingga ia tidak merasa bosan. Ciptakan permainan yang seru dan menarik, seperti bermain puzzle atau membaca cerita. Sembari bermain, ajak dia bercerita tentang seputar kesehariannya.

  2. Orang Tua juga Harus ‘Melek’ Teknologi

    Seringkali anak lebih paham teknologi daripada orang tuanya. Inilah mengapa ibu dan ayah harus turut mengikuti perkembangan teknologi terkini, alias melek teknologi. Mulailah dari mencari tahu apa saja media sosial yang sedang digandrungi oleh anak-anak. Lalu, hal-hal apa saja yang sedang sering dicari oleh si kecil. Tak ketinggalan pula aplikasi dan file yang paling sering diunduh.

  3. Tunjukkan Bagaimana Cara Menggunakan Gadget yang Baik

    Perilaku orang tua selalu menjadi cerminan utama yang akan ditiru oleh anak. Inilah mengapa ibu dan ayah perlu selalu bersikap bijak serta menjadi teladan yang baik untuk sang buah hati, termasuk saat menggunakan ponsel. Sebaiknya hindari memegang gadget ketika ibu atau ayah sedang bersama anak.

  4. Perbanyak Kegiatan ‘Tanpa Gadget’

    Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget akan membuat anak tidak tahu apa yang harus dilakukan jika benda kecil tersebut tidak berada dalam genggaman. Oleh karenanya cobalah jauhkan si kecil dari ‘ketergantungan’ gadget  dengan mengajaknya melakukan aktivitas lainnya. Ajak anak untuk mengunjungi toko buku dan membaca buku favorit mereka. Ikutsertakan anak dalam berbagai klub yang ia sukai, seperti misalnya: sepakbola, basket, atau musik. Jangan lupa, ajari juga si kecil untuk bersosialisasi dengan tetangga atau teman-temannya.

  5. Beritahukan Bahaya Kecanduan Gadget pada Anak

    Tak hanya asal memberikan ponsel untuk anak dengan alasan untuk memudahkan komunikasi, orang tua pun membekali anak tentang bahaya penggunaan gadget secara berlebihan. Selain menjadikan mereka kecanduan, terlalu lama bermain gawai atau benda elektronik lainnya bisa membahayakan kesehatan mata. Terlebih jika anak memainkannya sambil tiduran.

Selain itu, beritahukan juga pada si kecil bahwa terlalu sering bermain gadget bisa membuat ia menjadi pribadi antisosial nantinya. Anak tidak akan suka bersosialisasi karena perhatiannya selalu tertuju pada layar kecil di hadapannya. Ini tentu saja tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

By Team Fikar School

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *