Homeschooling Jakarta Selatan

20 Oct
0 comment

Homeschooling, atau sekolah alternatif (nonformal), telah menjadi pilihan yang semakin populer di Indonesia. Banyak orang tua yang memilih homeschooling untuk memberikan pendidikan yang lebih terpersonal, fleksibel, dan disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak mereka. Pada dasarnya, homeschooling melepaskan keterikatan dengan sistem pendidikan formal yang ada dan memberikan fleksibilitas kepada para siswanya.

Sebagai kawasan di ibukota, Jakarta Selatan merupakan daerah yang paling startegis dan ‘ideal’ untuk pertumbuhan sarana pendidikan seperti sekolah, maupun homeschooling. Hal ini dikarenakan antara lain:

  • Jakarta Selatan memiliki akses paling strategis
  • pembangunan infrastruktur yang cukup pesat
  • dikelilingi pusat pendidikan, perbelanjaan, dan pusat bisnis.
  • banyak komunitas, maupun tempat hangout
  • masih banyak wilayah hijau/pepohonan, dan udaranya tidak seburuk di daerah lain karna tidak banyak pabrik.

Artikel ini pada dasarnya ingin memberikan informasi kepada para pembacanya tentang pertumbuhan tren homeschooling di Jakarta Selatan, dan memotivasi para orang tua, terutama yang tinggal di jakarta selatan, maupun yang sedang mencari sekolah untuk anaknya di daerah Jakarta selatan, agar tidak ragu untuk memasukkan anaknya ke lembaga pendidikan homeschooling.

Dalam hal ini, maka peran pemerintah sangat penting dalam mendukung homeschooling di Indonesia. Dengan regulasi yang jelas, orang tua bisa merasa lebih aman dan yakin bahwa mereka dapat memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka tanpa melanggar hukum. Regulasi juga dapat menyediakan panduan dan standar untuk menjaga kualitas pendidikan yang diberikan oleh orang tua. Pemerintah juga menyediakan bahan ajar dan sumber daya pendukung yang diperlukan untuk kelancaran homeschooling

Baca juga: Homeschooling di Jakarta

Peran pemerintah lainnya adalah memberikan pengawasan dan evaluasi terhadap homeschooling. Meskipun homeschooling menekankan kebebasan pendidikan, tetap diperlukan pengawasan untuk memastikan bahwa tujuan pendidikan tercapai dan anak-anak menerima pendidikan yang memadai.

Selain itu, pemerintah juga perlu memperhatikan masalah sosial anak-anak yang mengikuti homeschooling. Anak-anak yang dilakukan homeschooling mungkin memiliki keterbatasan dalam mengembangkan hubungan sosial dengan anak-anak sebaya mereka. Oleh karena itu, pemerintah perlu menyediakan ruang dan kesempatan bagi mereka untuk berinteraksi dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial bersama anak-anak lain. Hal ini dapat dilakukan melalui pembentukan komunitas homeschooling, organisasi, atau kegiatan khusus yang dapat memfasilitasi pertemuan sosial bagi anak-anak homeschooling.

Dengan adanya regulasi dan peran pemerintah yang supportive, orang tua dapat merasa lebih aman dan peduli dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka, sementara pemerintah dapat memastikan bahwa standar pendidikan terpenuhi dan menjamin perkembangan sosial anak-anak yang dilakukan homeschooling.

Regulasi dan peran aktif pemerintah dalam mendukung homeschooling akan membantu mengubah persepsi masyarakat dan memberikan alternatif pendidikan yang lebih terbuka untuk anak-anak di Indonesia. Seiring dengan peningkatan popularitas homeschooling, langkah-langkah ini sangat penting untuk melindungi hak-hak anak dan memberikan pendidikan yang berkualitas.

Hal ini akan semakin memantapkan para orang tua yang ingin mencari pendidikan alternatif bagi anaknya, yaitu melalui homeschooling. Karena banyak kelebihan atau keuntungan yang ditawarkan homeschooling itu tidak dapat diperoleh di sekolah formal (biasa), antara lain:

1. fleksibilitas waktu. Siswa dapat mengatur jadwal mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Mereka dapat mempelajari materi dengan kecepatan yang mereka inginkan, bahkan memperdalam atau mempercepat pembelajaran jika mereka sudah memahami materi dengan baik. Selain itu, mereka juga dapat mengatur jadwal belajar mereka sendiri, memilih waktu yang paling produktif untuk belajar. Fleksibilitas ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemandirian dan bertanggung jawab terhadap waktu mereka sendiri.

2. personalisasi pendidikan. Sekolah homeschooling memungkinkan siswa untuk mendapatkan pembelajaran yang lebih personal dan individual. Mereka dapat belajar dengan metode yang paling efektif bagi mereka sendiri. Guru atau orang tua yang memberikan pendidikan biasanya dapat menyesuaikan metode pengajaran dan materi dengan kebutuhan dan minat siswa. Ini memungkinkan siswa untuk lebih fokus dan memaksimalkan potensi mereka tanpa perlu memperhatikan kebutuhan kelompok.

3. Kesempatan untuk memperluas dan memperdalam minat dan bakat siswa. Dalam sistem sekolah formal/konvensional, seringkali tidak ada cukup ruang atau waktu untuk mengembangkan minat di luar kurikulum yang telah ditentukan. Dengan homeschooling, siswa memiliki fleksibilitas untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka dengan lebih mendalam. Mereka dapat fokus pada aktivitas ekstrakurikuler yang mereka senangi, seperti musik, seni, olahraga, atau bahkan membantu dalam usaha keluarga. Ini membantu siswa mengembangkan keterampilan khusus dan memperluas pengetahuan mereka di luar kurikulum akademik.

Terkait kurikulum, Sampai saat ini, belum ada aturan dan standar khusus untuk kurikulum homeschooling. Pada praktiknya, masing-masing penyelenggara bisa memiliki dan menggunakan kurikulum yang berbeda-beda. Sifat kurikulum homeschooling adalah customized artinya bisa disesuaikan. Artinya, masing-masing penyelenggara boleh menentukan pilihan sendiri terkait kurikulum tergantung dengan minat dan kebutuhan masing-masing peserta didik. Jadi, tidak ada satu keluarga yang menggunakan model homeschooling yang sama.

Jika dilihat dari metodenya, terdapat beragam model teoretis yang dipakai dalam pembelajaran dengan sistem homeschooling. Ada yang sifatnya unschooling (tidak terstruktur) dan ada juga yang sifatnya school-at-home (mirip dengan sekolah formal). Tidak heran jika Anda menemukan ada homeschooling yang menggunakan model Charlotte Mason, Unit Study, Classical dan Montessori.

Intinya, selama tidak melanggar hukum, metode apa pun bisa dipakai karena orang tualah yang paling memahami kebutuhan anak-anaknya. Jika keluarga menginginkan kurikulum sesuai dengan acuan yang dipakai sekolah nasional (misalnya kurikulum Cambridge IGCSE yang diaplikasikan di beberapa sekolah berstandar internasional di Indonesia), maka hal itu sah-sah saja.

Selain kurikulum, guru adalah salah satu faktor terpenting dalam homeschooling. Beberapa tugas guru homeschooling mencakup:

  • mengembangkan kurikulum dan silabus kursus untuk setiap kelas, dan memastikan materi memenuhi standar negara bagian dan peraturan
  • merencanakan pembelajaran dan tugas, serta memandu diskusi di kelas seputar topik terkini
  • menilai tugas dan menyimpan salinannya untuk catatan portofolio
  • melakukan penilaian siswa berdasarkan kinerja di kelas dan nilai tugas
  • menghasilkan laporan hasil pembelajaran, dipersonalisasi untuk setiap siswa
  • merencanakan dan melaksanakan kunjungan lapangan untuk mengeksplorasi lebih jauh subjek tertentu
  • bekerja sama dengan orang tua untuk membuat rencana pendidikan yang kohesif
  • memberikan nasihat dan bimbingan kepada siswa tentang cara mencapai tujuan pendidikan
  • selalu mengikuti perkembangan metodologi pengajaran terkini dan teknologi baru yang tersedia

Ekstrakurikuler juga memegang peran penting apabila sebuah lembaga homeschooling ingin menawarkan pendidikan terbaik bagi para siswanya. Karena apabila sebuah lembaga homeschooling hanya menawarkan mata pelajaran (mapel) sekolah saja, maka lembaga homeschooling tersebut tak ubahnya bimbingan belajar (bimbel) ‘berijazah’. Padahal bimbingan merupakan lembaga tersendiri/khusus yang tentunya berbeda dengan homeschooling.

Banyak kegiatan menarik dan menambah skill siswa yang dapat dijadikan ekstrakurikuler homeschooling, seperti: Public speaking, English club, Character building, Olahraga, Music class, Komputer, Movie class, Art n’ Craft, Cooking class, dan lain sebagainya. Semakin bagus dan menarik ekstrakurikulernya, maka semakin meningkatkan ‘nilai’ sebuah lembaga homeschooling.

Meskipun homeschooling menawarkan banyak kebebasan dan fleksibilitas, namun juga tidak bisa lepas dari tantangan yang harus dihadapi. Pertama, sosialisasi anak. Anak-anak tidak mendapatkan interaksi dan pengalaman sosial yang sama seperti anak-anak yang bersekolah formal. Oleh karena itu, penting bagi orangtua yang memutuskan tidak menyekolahkan anaknya di sekolah formal atau memilih homeschooling agar memberi kesempatan bagi anak-anak mereka untuk berinteraksi dengan teman sebaya atau komunitas homeschooling lainnya.

Kedua, pemilihan kurikulum dan sumber elajar yang tepat juga bisa menjadi tantangan tersendiri dalam homeschooling. Orang tua harus melakukan riset mendalam dan memilih materi yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak-anak mereka. Selain itu mereka harus memastikan bahwa bahan pembelajaran yang digunakan memenuhi standar pendidikan yang relevan, dan efektif.

Apabila para orang tua belum mampu menjawab tantangan-tantangan tesebut, maka sebaiknya bekerja sama dengan lembaga-lembaga homeschooling yang sudah ‘eksis’ dan memiliki reputasi yang baik.

Kesimpulannya, Homeschooling adalah metode pendidikan alternatif yang memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada orang tua dalam mendidik anak-anak mereka. Meskipun memiliki tantangan seperti waktu dan energi yang diperlukan, serta tidak banyak interaksi sosial, homeschooling juga menawarkan manfaat seperti jadwal yang fleksibel, pendekatan personal, dan konten pendidikan yang disesuaikan dengan nilai keluarga.

Sangat penting bagi orang tua maupun anak/siswa yang tertarik dengan homeschooling untuk mempertimbangkan baik-baik keputusan ini, mempelajari lebih lanjut tentang homeschooling, dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai proses homeschooling bagi anak-anak mereka. Bekerja sama dengan lembaga homeschooling yang tepat dan memiliki program-program serta reputasi yang baik, tentunya akan sangat membantu.

Di Jakarta selatan, sudah bermunculan (cukup banyak) lembaga homeschooling yang dapat dipilih untuk ananda tercinta. Seiring pesatnya perkembangan kawasan Jakarta selatan dan sekitarnya, serta (relatif) lebih baiknya lingkungan dan hunian di kawasan ini, maka lembaga homeschooling akan semakin menarik dan berpeluang besar menjadi pendidikan yang akan digandrungi di masa depan.

Pilihlah lembaga homeschooling terbaik untuk anak-anak Anda secara bijaksana. Dalam mengambil keputusan, orang tua perlu mempertimbangkan baik aspek positif maupun tantangan yang mungkin mereka hadapi. Meskipun homeschooling dapat memberikan kebebasan dan fleksibilitas yang lebih besar, orang tua perlu memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan pendidikan yang berkualitas kepada anak-anak. Persiapkan diri dengan baik, dan terkoneksi dengan komunitas homeschooling yang ada untuk mendapatkan dukungan dan sumber daya yang diperlukan.

Daftar Pustaka

– Johnson, M. (2015). “The Benefits of Homeschooling: How it Could Benefit Your Child”. Retrieved from

– Smith, A. (2017). “Homeschooling Challenges: What You Need to Know”.

– Homeschool Association of Jakarta (2019). “Homeschooling in Jakarta: Why It’s Gaining Popularity”.

– Jakarta Globe (2018). “More Parents Choose to Homeschool Kids Amid Growing Concern over Curriculum”.

Leave your thought